Selasa, 29 September 2015

Trypophobia

Trypophobia Penyakit Takut Lubang – Fobia merupakan ketakutan yang dialami oleh seseorang terhadap suatu obyek yang menimbulkan dampak nyata. Selama ini mungkin jenis fobia seperti hydrophobia atau ornithophobio sudah akrab di telinga. Namun pernahkah anda mendengar trypophobia? Jenis fobia yang satu ini merupakan ketakutan ketika melihat lubang kecil yang jumlahnya banyak. Kenapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana cara mengobatinya? simak ulasan siputnews berikut ini
















Gejala Trypophobia
Seseorang yang mengalami trypophobia akan merasa gelisah dan bahkan sampai mengalami gatal di sekujur tubuh ketika melihat obyek yang terdapat banyak lubang pada permukaanya seperti spons, sumsung tulang, biji bunga teratai dan lainya. Pada umumnya penderita trypophobia akan mengalami dua kemungkinan yakni berani melihat kemudian melupakanya namun ada pula yang merasa pusing dan eneg setelah melihat lubang tersebut.Berikut ini reaksi yang dialami seseorang yang mengalami fobia seperti trypophobia:
  1. Panik dan mengalami rasa takut berlebihan saat berhadapan dengan sumber rasa takutnya.
  2. Mengalami cemas dan akan berdampak pada organ tubuh yang tidak berfungsi secara optimal.
  3. Mengeluarkan keringat, jantung berdegub kencang, panik, ceas dan bahkan sulit bernafas.
  4. Pada penderita anak-anak akan tantrum dan terus menangis.
Penyebab Trypophobia
Sampai saat ini belum diketahui penyebab fobia yang cukup aneh tersebut. Beberapa kalangan meyakini bahwa Trypophobia sudah dialami sejak anak-anak. Kemungkinan besar yang terjadi adalah mengalami traumatis saat memasuki tahap awal kehidupan. Karena belum diketahui asal-usulnya hingga detik ini belum ada semacam tes atau diagnosa untuk memeriksa fobia ini.
Pengobatan Trypophobia
Pada dasarnya tidak semua fobia membutuhkan pengobatan. Hanya saja jika berdampak pada kehidupan sehari-hari maka disarankan untuk melakukan terapi untuk mengatasi ketakutan si penderita. karena Trypophobia belum diketahui secara pasti penyebabnya maka pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan cara konsultasi neurolinguistik, perilaku kognitif, dan konsultasi psikolog. Terapi dengan cara hipnoterapi, terapi perilaku serta konseling sudah terbukti efektif untuk mengobati penderita fobia. Hal ini dikarenakan sebagian besar fobia terjadi karena masalah emosional.


0 komentar:

Posting Komentar