Jumat, 26 September 2014

Tugas Pengantar TIIK Mochammad Bustanul Ilmi


1.      Bagaimana mekanisme pembayaran online menggunakan :
a.      Paypal
  • Masuk ke akun Paypal anda, www.paypal.com 
  • Kalau sudah berada di dalam account Paypal, pada halaman utama terdapat lima tab, klik tab kedua diatas yang bertulisan “Send Money”.
  • Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email si penerima dana, jumlah yang akan dikirim, jenis mata uang, dan tipe pembayaran (apakah tipe belanja online atau pembayaran personal).
  • Klik “Continue” dan pada halaman selanjutnya semua informasi yang telah anda masukkan akan ditampilkan. Yakinkan data tersebut benar terutama jumlah yang akan dikirim dan alamat email si penerima.
  • Klik ‘Send Money’ dan selesai sudah. Anda akan mendapat email dari Paypal yang memberitahukan jika anda telah mengirim dana.

Menggunakan tombol Paypal untuk melakukan pembayaran:
  • Ketika anda selesai berbelanja, pada halaman pembayaran biasanya terdapat tombol Paypal (jika situs tersebut menyediakan fasilitas Paypal), klik tombol itu dan anda akan dibawa ke website Paypal.
  • Anda perlu memasukkan email address yang anda gunakan sewaktu mendaftar ke Paypal dan password untuk dapat melakukan proses pembayaran.
  • Setelah itu, anda akan tiba di halaman yang meminta anda untuk cek atau review detil pembayaran yang akan diproses. Yakinkan semua data dan informasi yang tercantum disana benar sebelum lanjut ke langkah berikutnya.
  • Klik ‘Pay Now’ dan pembayaran akan diproses. Kalau anda telah berhasil mengirim dana, Paypal akan otomatis mengirim email notifikasi beserta detil ringkasannya.
b.      Kartu Kredit
·         Silahkan datang ke Bank Penerbit Kartu Anda (maksimal 1 hari sebelum tanggal jatuh tempo yang tertera dibiling tagihan kartu kredit anda).
·         Ambil Slip Setoran (tidak semua bank menyediakan slip khusus pembayaran kartu kredit, biasanya slip pembayarannya sama dengan slip setoran tunai, kalau takut salah silahkan tanya satpam).
·         Di bagian nama isikan nama anda.
·          Di bagian no rekening , Anda Isikan Nomor Kartu kredit anda.
·         Setelah itu Antri di teller
Bila Anda Bingung, saran kami anda menemui customer service bank tersebut dan bilang bahwa anda ingin membayar tagihan kartu kredit anda.
Daftar Pustaka :

2.  Bitcoin
     a.    Pengertian Bitcoin
BitCoin adalah uang tunai di komputer kamu.BitCoin adalah mata uang peer-to-peer (p2p) digital terbaru yang dapat digunakan untuk menggantikan uang tunai dalam transaksi jual beli online. Tidak seperti mata uang online lainnya yang berhubungan dengan bank dan menggunakan sistem payment seperti PayPal, BitCoin secara langsung didistribusikan antara pengguna tanpa diperlukan perantara.
      b.   Setujukah Penggunaannya ???
Kalau menurut saya, masalah setuju atau tidaknya tergantung orangnya.
Kalau saya setuju saja, karena bisa membantu kemudahan untuk bertransaksi via Online. Jadi orang tidak usah susah-susah berhubungan dengan bank bila mau bertransaksi via Online.

c.       Apa efek terhadap perekonomian Negara ???
Positif :
Manfaat mata uang virtual lebih dari sekadar melindungi Rupiah dari efek kebijakan ekonomi negara lain. Ekspor misalnya, akan mendapat manfaat dari penggunaan mata uang virtual. Semakin rendah penghalang yang ditawarkan oleh Bitcoin untuk menerima pembayaran internasional bagi perusahaan-perusahaan kecil akan berkontribusi pada ekspor. Diversifikasi ini membuat sektor ini makin kuat dan mengurangi ketergantungan pada ekspor tertentu. Peningkatan pemasukan pajak merupakan bagian lain yang akan menguntungkan Indonesia cukup besar.

Negatif :
Perlu disadari bahwa ada kesalahpahaman dewasa ini yaitu anggapan bahwa Bitcoin adalah mata uang anonim. Ini tidak benar karena semua transaksi Bitcoin tercatat dan dapat dilihat oleh publik. Hanya identitas transaksi yang tidak dapat dilihat akan tetapi tetap dapat diperoleh dengan sedikit upaya.

Daftar Pustaka

0 komentar:

Posting Komentar