Selasa, 30 September 2014

Sistem ERP DI Uji Cobakan

Hari ini Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan uji coba sistem jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) di Jalan HR Rasuna Said, Selasa (30/9/2014). Uji coba dilaksanakan mulai pukul 15.00 WIB sore.  


Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta M Akbar mengatakan ada 100 mobil milik Dishub, warga dan PT Q-Free, selaku vendor yang dipasangkan on-board unit (OBU). "Tetapi untuk di Rasuna Said nanti hanya 5-10 mobil saja," kata Akbar. Gerbang elektronik dipasang di depan Setiabudi One.

Sistem yang digunakan oleh vendor Jalan HR Rasuna Said tidak berbeda dengan sistem ERP di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Mobil yang sudah dipasang OBU kemudian melintasi gerbang elektronik untuk mengetahui apakah dapat mendeteksi.

Uji coba juga akan melihat apakah gerbang elektronik dapat mendeteksi kendaraan yang tidak menggunakan OBU. 

Uji coba ini akan dilaksanakan selama tiga bulan. Akbar memastikan tidak ada pengalihan arus lalu lintas karena uji coba dilakukan pukul tiga sore saat lalu lintas belum padat.

ERP direncanakan diterapkan pada Januari 2015. Sekretaris Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Achmad Izzul Waro berpendapat, salah satu yang harus dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelum menerapkan jalan berbayar adalah sterilisasi jalur transjakarta.

Transportasi massal yang memadai diperlukan untuk menampung warga yang biasa naik mobil pribadi. Angkutan umum yang disediakan harus baik dan sesuai dengan standar pelayanan minimum (SPM).

Karena itu, Izzul berharap Pemprov DKI dapat berkoordinasi dengan seluruh pemangku kebijakan yang terlibat dalam sterilisasi jalur transjakarta.

0 komentar:

Posting Komentar